1. PENDAHULUAN
Komputer sudah menjadi piranti (alat) yang mudah ditemukan di mana-mana. Kemampuan dan kehandalannya dalam memecahkan masalah menjadikannya banyak digunakan dalam berbagai aplikasi. Dalam kehidupan sehari-hari, komputer memiliki berbagai bentuk. Komputer tidaklah harus berupa laptop atau PC (personal computer).
Dalam bab ini, kita akan mempelajari lebih mendalam tentang komputer dan sistem komputer.
Pada bab ini, siswa diharapkan dapat:
1. Memahami konsep komputer dan sistem komputer
2. Menjelaskan perangkat keras komputer
3. Menjelaskan perangkat lunak computer
2. KOMPUTER DAN SISTEM KOMPUTER
Komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang berarti menghitung. Komputer adalah sistem elektronik yang memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang agar secara otomatis menerima dan meyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program yang tersimpan di memori. Jadi, komputer pada dasarnya sebuah mesin yang terdiri dari jutaan komponen yang dapat saling bekerjasama membentuk sebuah sistem kerja yang terorganisasi. Dari definisi yang diberikan, komputer mempunya tugas dasar sebagai berikut:
a.Menerima input (masukan)
b.Memproses input
c.Menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan
d.Menampilkan output (keluaran) kepada pengguna
Agar komputer dapat diwujudkan sebagai piranti yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah maupun mengolah data untuk menghasilkan informasi yang berguna, diperlukan system komputer. Sistem dapat didefinisikan sebagai sekumpulan elemen-elemen yang saling berhubungan dan dapat bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Sebuah sistem komputer terdiri dari 3 unit
yaitu:
a. Perangkat keras (hardware)
Perangkat keras adalah piranti dalam sistem komputer yang dapat dilihat dan diraba secara fisik, misalnya keyboard, mouse, printer, dan lain-lain.
b. Perangkat lunak (software)
Perangkat lunak adalah program aplikasi yang digunakan untuk suatu keperluan tertentu. Bahasa pemrograman pun merupakan salah satu jenis perangkat lunak.
c. Manusia (brainware)
Manusia merupakan unsure penting dalam sistem komputer sebagai unsur yang mengoperasikan sistem komputer.
PERANGKAT KERAS
Perangkat keras dalam sistem komputer dapat berupa unsur pokok (harus ada untuk membentuk sebuah komputer) maupun unsur penunjang. Perangkat keras dapat dibagi menjadi 3 bagian:
a. CPU (central processing unit)
b. Perangkat input/output
c. Memori (piranti penyimpanan data)
Pembagian di atas sejalan dengan arsitektur komputer yang masih digunakan saat ini. Komputer sekarang umumnya masih menggunakan arsitektur Von Neumann. Dalam arsitektur Von Neumann, komputer terdiri dari 4 bagian yaitu unit aritmetika dan logika (ALU), unit kontrol, memori dan perangkat input-output. ALU dan unit kontrol merupakan bagian dari CPU.
a. CPU
CPU merupakan komponen paling penting dari suatu sistem komputer. CPU / prosesor merupakan “otak” sebuah komputer. Besarnya kecepatan sebuah prosesor (digambarkan dalam clock cycles) mempengaruhi kecepatan komputer dalam melakukan instruksi (perintah). CPU mempunyai sejumlah tugas yaitu menjalankan program-program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi-instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu per satu.
CPU itu sendiri tersusun dari 2 bagian yaitu:
a. ALU (Arithmetic and Logic Unit)
ALU terdiri dari dua bagian yaitu unit aritmetika dan unit logika. Dengan demikian ALU mengerjakan oparasi aritmetika dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian), operasi logika (AND, OR, maupun NOT), dan perbandingan. ALU pun mengerjakan instruksi-instruksi bahasa mesin yang diberikan kepadanya.
b. CU (Control Unit)
Control Unit mengontrol operasi CPU dan komputer sehingga sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsinya dapat tercapai. CU pun bertugas mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksinya. CPU memiliki media penyimpanan internal yang dinamakan register. Register digunakan pada saat proses pengolahan data. Memori ini bersifat sementara karena digunakan untuk menyimpan data saat diolah maupun untuk proses berikutnya. CPU pun memiliki sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal dan bus eksternal CPU. Dalam hal ini, komponen internal CPU terdiri dari ALU, CU, dan register-register sedangkan komponen eksternal CPU meliputi memori utama dan perangkat input/output.
MEMORI
Memori adalah piranti untuk menyimpan data. Berdasarkan fungsinya, memori dapat dibagi menjadi 2 macam yaitu primary memory dan secondary memory.
1.MEMORI UTAMA (PRIMARY MEMORY)
Memori utama merupakan memori yang berfungsi menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan oleh komputer. Memori utama ini disebut juga memori internal.
Fungsi utama memori ini adalah
a.Menyimpan sementara data dari perangkat input (masukan) samapi data terkirim ke ALU
b.Menyimpan sementara data hasil pemrosesan yang dilakukan di CPU sampai data itu terkirim ke perangkat output (keluaran).
c.Menampung isntruksi dari perangkat masukan maupun dari memori sekunder.
Memori utama memiliki 4 bagian yaitu:
1.input storage area (tempat untuk menampung data yang dibaca)
2.program storage area (tempat penyimpanan instruksi-instruksi yang akan digunakan)
3.working storage area (tempat dilakukannya pemrosesan data)
4.output storage area (tempat penyimpanan informasi yang sudah diolah sebelum dikirim ke perangkat keluaran)
Memori utama terdiri dari 2 macam yaitu RAM (random access memory) dan ROM (read only memory).
Penjelasan rinci atas RAM dan ROM dapat dilihat di bawah ini.
1.RAM
RAM (memori akses acak) merupakan piranti penyimpanan yang isinya dapat diakses secara acak (random). RAM dapat ditulis dan dibaca. Komputer menggunakan RAM sebagai media penyimpanan primer. Selain RAM, komputer pun memiliki piranti penyimpanan lain yang dinamakan register. Hanya saja register ini terletak di dalam CPU. Register merupakan memori yang cepat.
Memori RAM memiliki beberapa karakteristik yaitu:
a.Kecepatan tinggi
b.Akses acak (random)
c.Volatil (data hilang jika aliran listrik hilang)
Setiap komputer memiliki RAM dengan ukuran tertentu. Semakin besar ukuran RAM yang dimiliki oleh komputer, semakin besar kapasitas data maupun instruksi yang dapat disimpan. Selain digunakan dalam komputer sebagai piranti penyimpanan utama, RAM digunakan juga sebagai media penyimpanan data jangka panjang.
RAM dapat dikelompokkan ke dalam 2 kategori berdasarkan cara penyimpanan datanya:
a.SRAM (static random acess memory)
SRAM merupakan memori yang dapat mempertahankan data tanpa perlu “disegarkan” secara berkala.
b.DRAM (dynamic random access memory)
DRAM merupakan memori yang perlu “disegarkan” untuk mempertahankan data. Hal ini menyebakan DRAM lebih lambat dibanding SRAM. Waktu akses yang dapat didukung DRAM adalah 60 nano detik (1 nano detik = 10—9 detik) sementara yang dapat didukung oleh SRAM adalah 10 nano detik.
Memori-memori yang termasuk DRAM yaitu:
a.RDRAM (rambus dynamic random access memory)
Memori ini dibuat oleh perusahaan yang bernama Rambus Inc. RDRAM dapat mendukung kecepatan sampai 800 MHz.
b.SDRAM (syncronous dynamic random access memory)
DRAM ini memiliki karakteristik khusus yaitu adanya sinkronisasi dengan kecepatan bus CPU (sehingga dinamakan syncronous DRAM). Ciri khas memori ini adalah adanya label “PC” seperti PC100 dan PC133. Angka 100 atau 133 ini menunjukkan kecepatan bus yang dapat didukung.
c.DDR SDRAM (double data rate syncronous DRAM)
Memori ini disebut juga SDRAM II. DDR SDRAM merupakan pengembangan dari SDRAM dengan kecepatan dua kali lipat. DDR SDRAM digunakan pada laptop karena memori ini membutuhkan daya listrik yang relatif kecil.
d.EDO DRAM (extended data out DRAM)
Memori ini memiliki kelemahan yaitu tidak dapat bekerja pada bus dengan kecepatan lebih dari 66 MHz. EDO DRAM dikembangkan lebih lanjut menjadi BEDO RAM (burst extended data out dynamic random access memory)
Selain tipe umum RAM di atas, ada sejumlah memori lain yang juga termasuk RAM:
a.WRAM
b.MRAM
c.Video RAM
2.ROM
ROM merupakan memori yang hanya dapat dibaca sehingga tidak dapat digunakan untuk menyimpan data atau program yang kita buat. Pengisian memori ini oleh data atau program dilakukan oleh perusahaan pembuatnya. Biasanya ROM diisi perangkat lunak yang berkaitan dengan perangkat keras atau diisi dengan data / program untuk tujuan khusus misalnya diisi interpreter (penerjemah) bahasa pemrograman tertentu.
ROM bersifat non volatil (data atau program tidak hilang meskipun aliran listrik hilang) sehingga data atau program di dalam ROM bersifat permanen. ROM yang dipakai di dalam komputer diisi program dasar komputer yang mengatur komponen-komponen di dalam computer saat komputer dihidupkan. ROM seperti ini disebut ROM BIOS. ROM tidak terbatas pada ROM BIOS.
Ada jenis ROM yang lain yang umum dipakai yaitu:
a.PROM (programmable read only memory)
b.EPROM
c.EEPROM
d.EAROM
2.MEMORI SEKUNDER (SECONDARY MEMORY)
Memori sekunder memilki karakterisitk sebagai berikut:
1.Non volatil
2.Kecepatan relatif lebih rendah dibanding memori utama
3.Akses bersifat sekuensial (berurutan)
Media penyimpanan (memori) sekunder ini merupakan media penyimpanan permanen. Data dapat disimpan dalam jangka panjang dan dapat dibaca kembali suatu saat. Media penyimpanan sekunder ini terdiri dari pita magnetik, piringan optik, piringan magnetik dan flash disk / thumb drive.
Pita magnetik merupakan media penyimpanan data yang wujudnya berupa pita dalam gulungan besar ataupun kaset. Pita magnetik digunakan sebagai media penyimpanan untuk keperluan back-up data (membuat data cadangan).
Piringan optik merupakan media penyimpanan yang berwujud sebuah piringan tipis. Piringan optik umumnya digunakan untuk menyimpan data berupa lagu, film atau data-data berukuran relative besar sehingga data tidak bisa disimpan di dalam floppy disk. Contoh piringan optik adalah CD (compact disk) dan DVD (digital video disk).
Piringan magnetik yang banyak dipakai adalah harddisk.
Harddisk merupakan media penyimpanan yang umum dipakai dalam sistem komputer. Penyimpanan data pada harddisk dilakukan secara magnetik. Data yang disimpan dalam harddisk dapat diubah atau dihapus.
Harddisk memiliki 2 komponen penyusun utama:
a.Platter
Platter berupa piringan yang terbuat dari bahan aluminium dan dilapisi bahan megnetik. Umumnya, harddisk memeiliki sejumlah platter yang bekerja bersama-sama. Data yang disimpan di dalam harddisk pada dasarnya disimpan pada permukaan platter. Permukaan platter menyimpan data dalam sector dan track. Track membentuk lingkaran-lingkaran konsentris pada permukaan platter. Setiap track terdiri dari sejumlah sector.
b.Lengan pembaca
Lengan pembaca merupakan komponen yang menyangga head. Head berfungsi untuk melakukan pembacaan maupun penulisan data pada permukaan platter. Oleh karena itu, lengan pembaca dapat bergerak dari pusat sampai pinggir platter.
Flash disk merupakan penyimpanan data bertipe memori flash. Flash disk Dihubungkan ke komputer menggunakan port USB (universal serial bus). USB merupakan socket model baru yang menghubungkan komputer dengan alat lainnya yang menjanjikan kemudahan instalasi dan kecepatan tranfer data. Flash disk banyak digunakan karena dinilai praktis, berukuran kecil, dapat dibawa ke mana-mana dengna mudah dan memilik kapasitas yang cukup besar. Di masa lalu, pengguna komputer menggunakan floppy disk sebagai media penyimpanan yang hanya dapat menyimpan data sebesar 1,44 Mb (flash disk bisa menyimpan data 16 GB). Kapasitas flash disk kian bertambah besar seiring pekembangan teknologi yang dicapai.
PERANGKAT INPUT OUTPUT
Perangkat input/output (masukan/keluaran) memungkinkan komputer untuk menerima data dari luar dan menampilan/mengirimkan hasil pemrosesan di dalam komputer ke luar. Perangkat input mempunya cara kerja yang berbeda dengan perangkat output. Perangkat input mengubah data (proses encoding) yang berasal dari luar komputer menjadi data yang dapat dipahami dan diproses di dalam komputer sedangkan perangkat output mengubah data hasil pemrosesan computer menjadi data yang dapat dipahami manusia (proses decoding).
Perangkat input terdiri dari:
Keyboard.
Keyboard memiliki sejumlah tombol. Keyboard digunakan untuk memasukkan data ke komputer. Keyboard terdiri dari beberapa jenis yaitu:
1.Keyboard serial : keyboard yang menggunakan kabel serial
2.Keyboard PS/2 : keyboard yang menggunakan kabel PS/2
3.Keyboard USB : keyboard yang menggunakan kabel USB
4.Pointing devices (touch screen, mouse, light pen, stylus)
Biasanya digunakan untuk pembuatan desain grafis, memilih menu di layar, dan lain-lain secara praktis. Mouse terdiri dari beberapa jenis yaitu:
1.Mouse serial : mouse yang menggunakan kabel serial
2.Mouse PS/2 : mouse yang menggunakan kabel PS/2
3.Mouse USB : mouse yang menggunakan kabel USB
Scanner
Scanner digunakan untuk memindai gambar atau teks melalui teknik pengenalan objek yang memanfaatkan pantulan cahaya.
1.Pembaca kartu memori
2.Web camera
Joystick
Joystick biasa digunakan untuk bermain game.
Perangkat output terdiri dari:
Printer
Printer digunakan untuk mencetak dokumen. Printer terdiri dari printer dot matrix, deskjet dan laserjet.
Speaker
Speaker dalah alat output suara.
Monitor
Monitor berfungsi untuk menampilkan data dalam bentuk teks atau grafis. Printer terdiri dari jenis CRT dan LCD. LCD (cathod ray tube) merupakan monitor berbentuk tabung) sedangkan LCD (liquid crystal display) adalah monitor yang permukaanya datar dan konsumsi listriknya lebih kecil dibandingkan layar jenis CRT.
Headphone
Headphone adalah alat output suara yang diletakkan di kepala.
4.PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak dapat didefinisikan sebagai data elektronik (diformat dan disimpan secara digital) yang berupa program atau kumpulan instruksi yang akan dieksekusi oleh komputer untuk menyelesaikan masalah tertentu. Pada zaman dahulu, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan komputer. Pada masa itu, komputer diciptakan hanya untuk mewujudkan tujuan tertentu saja dan hanya memeiliki sebuah program di dalamnya. Pada saat komputer mulai berkembang pesat, banyak perusahaan membuat berbagai macam perangkat lunak.
Secara garis besar, perangkat lunak dapat dibagi menjadi 2 yaitu:
Perangkat lunak sistem
Perangkat lunak sistem terdiri dari beberapa macam. Yang termasuk perangkat lunak system adalah sistem operasi, bahasa pemrograman dan perangkat lunak utiliti.
1.Sistem operasi
Dari pandangan pemrogram dalam mengembangkan sistem oeprasi, sistem operasi didefinisikan sebagai program yang menutup detil perangkat keras yang rumit kepada pemrogram (programmer) dan menyediakan antarmuka (interface) yang mudah bagi pemrogram
untuk mengkases perangkat keras dalam mengembangkan sebuah progam. Secara umum, sistem operasi merupakan perangkat lunak yang berperan dalam bekerjanya sebuah komputer.
Saat komputer dijalankan, sistem operasilah yang pertama kali bekerja. Perangkat lunak ini mengatur seluruh proses yang terjadi di dalam komputer, menerjemahkan perintah, mengatur penggunaan memori dan perangkat keras lainnya, dan lain-lain.
Sistem operasi biasanya berkaitan dengan mesin tertentu. Komputer buatan perusahaan Apple memakai sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan yang sama. Meskipun demikian, sebuah komputer bisa diinstal berbagai pilihan sistem operasi. Komputer-komputer sekarang
pada dasarnya berkembang dari komputer yang dibuat oleh IBM.
Komputer saat ini memungkinkan kita untuk memilih sistem operasi yang digunakan. Kita bisa menginstal system operasi Windows (dibuat oleh Microsoft) atau sistem operasi turunan Linux.
Sistem operasi yang beredar saat ini ada yang berbayar dan ada yang tidak. Microsoft Windows adalah salah satu contoh sistem operasi berbayar (kita harus membayar lisensi).
Sistem operasi pun ada yang bersifat gratis, contohnya Ubuntu. Ubuntu merupakan turunan (distro) dari Linux yang juga merupakan sistem operasi yang bersifat open source. Sistem operasi open source (sumber terbuka) adalah sistem operasi yang lisensinya member kebebasan kepada penggunanya dalam menjalankan program, mempelajari dan memodifikasi program, serta mendistribusikan penggandaan program asli atau yang sudah dimodifikasi tanpa harus membayar royalti kepada pengembang sebelumnya. Windows bukanlah sistem operasi yang bersifat open source. Sistem operasi yang bersifat open source ada yang bersifat gratis dan ada yang tidak.
2.Bahasa pemrograman
Bahasa pemrograman merupakan perangkat lunak yang mengubah algoritma yang dibuat seseorang ke dalam bentuk yang dapat dipahami oleh komputer. Contoh bahasa pemrograman adalah Pascal, C++, Java, Basic, Ruby, dan lain-lain.
3.Program utiliti
Program utiliti merupakan perangkat lunak yang fungsinya membantu sistem operasi. Tugas yang dijalankan oleh program utiliti sifatnya khusus dan berkatian dengan manajemen fungsi komputer, sumber daya, berkas (file) dan lain-lain. Program utiliti meliputi program-program untuk memeriksa floppy disk yang rusak, mengatur ulang partisi harddisk, melindungi password, memeriksa apakah komputer terinfeksi virus, dan lain-lain. Contoh program utiliti adalah Norton Anti Virus (untuk memeriksa apakah komputer terinfeksi virus atau tidak, membersihkan komputer dari virus dan lain-lain), Scandsik, dan lain-lain.
Perangkat lunak aplikasi
Perangkat lunak aplikasi merupakan perangkat lunak yang dibuat untuk suatu keperluan yang spesifik. Perangkat lunak aplikasi sangat beragam jenisnya. Perangkat lunak aplikasi dapat dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Tabel di bawah ini menunjukkan jenis-jenis perangkat lunak aplikasi.
JENIS PERANGKAT LUNAK APLIKASI CONTOH
Pengolah kata Microsoft Word, Open Office Writer, Wordstar Presentasi Microsoft Power point, Impress, Basis Data MySQL, Oracle, Microsoft Access Pengolah, Grafis Adobe Photoshop, Macromedia, Fireworks, Corel Draw Pengembang Web Macromedia Dreamweaver, Microsoft Frontpage, Multimedia, Windows Media Player, Winamp,
Perangkat lunak aplikasi.
Latihan Soal
1.Apa saja yang menyusun sebuah sistem komputer?
2.Jelaskan bagian-bagian yang menyusun arsitektur Von Neumann?
3.Jelaskan komponen-komponen CPU!
4.Apa fungsi utama memori?
5.Sebutkan karakteristik memori utama?
6.Apa perbedaan memori volatil dan non volatil?
7.Mengapa DRAM lebih lambat dari SRAM?
8.Sebutkan macam-macam perangkat input-output?
9.Apa yang kamu ketahui tentang perangkat lunak atau program sumber terbuka (open source)?
10.Jelaskan macam-macam perangkat lunak!
Komputer sudah menjadi piranti (alat) yang mudah ditemukan di mana-mana. Kemampuan dan kehandalannya dalam memecahkan masalah menjadikannya banyak digunakan dalam berbagai aplikasi. Dalam kehidupan sehari-hari, komputer memiliki berbagai bentuk. Komputer tidaklah harus berupa laptop atau PC (personal computer).
Dalam bab ini, kita akan mempelajari lebih mendalam tentang komputer dan sistem komputer.
Pada bab ini, siswa diharapkan dapat:
1. Memahami konsep komputer dan sistem komputer
2. Menjelaskan perangkat keras komputer
3. Menjelaskan perangkat lunak computer
2. KOMPUTER DAN SISTEM KOMPUTER
Komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang berarti menghitung. Komputer adalah sistem elektronik yang memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang agar secara otomatis menerima dan meyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program yang tersimpan di memori. Jadi, komputer pada dasarnya sebuah mesin yang terdiri dari jutaan komponen yang dapat saling bekerjasama membentuk sebuah sistem kerja yang terorganisasi. Dari definisi yang diberikan, komputer mempunya tugas dasar sebagai berikut:
a.Menerima input (masukan)
b.Memproses input
c.Menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan
d.Menampilkan output (keluaran) kepada pengguna
Agar komputer dapat diwujudkan sebagai piranti yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah maupun mengolah data untuk menghasilkan informasi yang berguna, diperlukan system komputer. Sistem dapat didefinisikan sebagai sekumpulan elemen-elemen yang saling berhubungan dan dapat bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Sebuah sistem komputer terdiri dari 3 unit
yaitu:
a. Perangkat keras (hardware)
Perangkat keras adalah piranti dalam sistem komputer yang dapat dilihat dan diraba secara fisik, misalnya keyboard, mouse, printer, dan lain-lain.
b. Perangkat lunak (software)
Perangkat lunak adalah program aplikasi yang digunakan untuk suatu keperluan tertentu. Bahasa pemrograman pun merupakan salah satu jenis perangkat lunak.
c. Manusia (brainware)
Manusia merupakan unsure penting dalam sistem komputer sebagai unsur yang mengoperasikan sistem komputer.
PERANGKAT KERAS
Perangkat keras dalam sistem komputer dapat berupa unsur pokok (harus ada untuk membentuk sebuah komputer) maupun unsur penunjang. Perangkat keras dapat dibagi menjadi 3 bagian:
a. CPU (central processing unit)
b. Perangkat input/output
c. Memori (piranti penyimpanan data)
Pembagian di atas sejalan dengan arsitektur komputer yang masih digunakan saat ini. Komputer sekarang umumnya masih menggunakan arsitektur Von Neumann. Dalam arsitektur Von Neumann, komputer terdiri dari 4 bagian yaitu unit aritmetika dan logika (ALU), unit kontrol, memori dan perangkat input-output. ALU dan unit kontrol merupakan bagian dari CPU.
a. CPU
CPU merupakan komponen paling penting dari suatu sistem komputer. CPU / prosesor merupakan “otak” sebuah komputer. Besarnya kecepatan sebuah prosesor (digambarkan dalam clock cycles) mempengaruhi kecepatan komputer dalam melakukan instruksi (perintah). CPU mempunyai sejumlah tugas yaitu menjalankan program-program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi-instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu per satu.
CPU itu sendiri tersusun dari 2 bagian yaitu:
a. ALU (Arithmetic and Logic Unit)
ALU terdiri dari dua bagian yaitu unit aritmetika dan unit logika. Dengan demikian ALU mengerjakan oparasi aritmetika dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian), operasi logika (AND, OR, maupun NOT), dan perbandingan. ALU pun mengerjakan instruksi-instruksi bahasa mesin yang diberikan kepadanya.
b. CU (Control Unit)
Control Unit mengontrol operasi CPU dan komputer sehingga sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsinya dapat tercapai. CU pun bertugas mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksinya. CPU memiliki media penyimpanan internal yang dinamakan register. Register digunakan pada saat proses pengolahan data. Memori ini bersifat sementara karena digunakan untuk menyimpan data saat diolah maupun untuk proses berikutnya. CPU pun memiliki sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal dan bus eksternal CPU. Dalam hal ini, komponen internal CPU terdiri dari ALU, CU, dan register-register sedangkan komponen eksternal CPU meliputi memori utama dan perangkat input/output.
MEMORI
Memori adalah piranti untuk menyimpan data. Berdasarkan fungsinya, memori dapat dibagi menjadi 2 macam yaitu primary memory dan secondary memory.
1.MEMORI UTAMA (PRIMARY MEMORY)
Memori utama merupakan memori yang berfungsi menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan oleh komputer. Memori utama ini disebut juga memori internal.
Fungsi utama memori ini adalah
a.Menyimpan sementara data dari perangkat input (masukan) samapi data terkirim ke ALU
b.Menyimpan sementara data hasil pemrosesan yang dilakukan di CPU sampai data itu terkirim ke perangkat output (keluaran).
c.Menampung isntruksi dari perangkat masukan maupun dari memori sekunder.
Memori utama memiliki 4 bagian yaitu:
1.input storage area (tempat untuk menampung data yang dibaca)
2.program storage area (tempat penyimpanan instruksi-instruksi yang akan digunakan)
3.working storage area (tempat dilakukannya pemrosesan data)
4.output storage area (tempat penyimpanan informasi yang sudah diolah sebelum dikirim ke perangkat keluaran)
Memori utama terdiri dari 2 macam yaitu RAM (random access memory) dan ROM (read only memory).
Penjelasan rinci atas RAM dan ROM dapat dilihat di bawah ini.
1.RAM
RAM (memori akses acak) merupakan piranti penyimpanan yang isinya dapat diakses secara acak (random). RAM dapat ditulis dan dibaca. Komputer menggunakan RAM sebagai media penyimpanan primer. Selain RAM, komputer pun memiliki piranti penyimpanan lain yang dinamakan register. Hanya saja register ini terletak di dalam CPU. Register merupakan memori yang cepat.
Memori RAM memiliki beberapa karakteristik yaitu:
a.Kecepatan tinggi
b.Akses acak (random)
c.Volatil (data hilang jika aliran listrik hilang)
Setiap komputer memiliki RAM dengan ukuran tertentu. Semakin besar ukuran RAM yang dimiliki oleh komputer, semakin besar kapasitas data maupun instruksi yang dapat disimpan. Selain digunakan dalam komputer sebagai piranti penyimpanan utama, RAM digunakan juga sebagai media penyimpanan data jangka panjang.
RAM dapat dikelompokkan ke dalam 2 kategori berdasarkan cara penyimpanan datanya:
a.SRAM (static random acess memory)
SRAM merupakan memori yang dapat mempertahankan data tanpa perlu “disegarkan” secara berkala.
b.DRAM (dynamic random access memory)
DRAM merupakan memori yang perlu “disegarkan” untuk mempertahankan data. Hal ini menyebakan DRAM lebih lambat dibanding SRAM. Waktu akses yang dapat didukung DRAM adalah 60 nano detik (1 nano detik = 10—9 detik) sementara yang dapat didukung oleh SRAM adalah 10 nano detik.
Memori-memori yang termasuk DRAM yaitu:
a.RDRAM (rambus dynamic random access memory)
Memori ini dibuat oleh perusahaan yang bernama Rambus Inc. RDRAM dapat mendukung kecepatan sampai 800 MHz.
b.SDRAM (syncronous dynamic random access memory)
DRAM ini memiliki karakteristik khusus yaitu adanya sinkronisasi dengan kecepatan bus CPU (sehingga dinamakan syncronous DRAM). Ciri khas memori ini adalah adanya label “PC” seperti PC100 dan PC133. Angka 100 atau 133 ini menunjukkan kecepatan bus yang dapat didukung.
c.DDR SDRAM (double data rate syncronous DRAM)
Memori ini disebut juga SDRAM II. DDR SDRAM merupakan pengembangan dari SDRAM dengan kecepatan dua kali lipat. DDR SDRAM digunakan pada laptop karena memori ini membutuhkan daya listrik yang relatif kecil.
d.EDO DRAM (extended data out DRAM)
Memori ini memiliki kelemahan yaitu tidak dapat bekerja pada bus dengan kecepatan lebih dari 66 MHz. EDO DRAM dikembangkan lebih lanjut menjadi BEDO RAM (burst extended data out dynamic random access memory)
Selain tipe umum RAM di atas, ada sejumlah memori lain yang juga termasuk RAM:
a.WRAM
b.MRAM
c.Video RAM
2.ROM
ROM merupakan memori yang hanya dapat dibaca sehingga tidak dapat digunakan untuk menyimpan data atau program yang kita buat. Pengisian memori ini oleh data atau program dilakukan oleh perusahaan pembuatnya. Biasanya ROM diisi perangkat lunak yang berkaitan dengan perangkat keras atau diisi dengan data / program untuk tujuan khusus misalnya diisi interpreter (penerjemah) bahasa pemrograman tertentu.
ROM bersifat non volatil (data atau program tidak hilang meskipun aliran listrik hilang) sehingga data atau program di dalam ROM bersifat permanen. ROM yang dipakai di dalam komputer diisi program dasar komputer yang mengatur komponen-komponen di dalam computer saat komputer dihidupkan. ROM seperti ini disebut ROM BIOS. ROM tidak terbatas pada ROM BIOS.
Ada jenis ROM yang lain yang umum dipakai yaitu:
a.PROM (programmable read only memory)
b.EPROM
c.EEPROM
d.EAROM
2.MEMORI SEKUNDER (SECONDARY MEMORY)
Memori sekunder memilki karakterisitk sebagai berikut:
1.Non volatil
2.Kecepatan relatif lebih rendah dibanding memori utama
3.Akses bersifat sekuensial (berurutan)
Media penyimpanan (memori) sekunder ini merupakan media penyimpanan permanen. Data dapat disimpan dalam jangka panjang dan dapat dibaca kembali suatu saat. Media penyimpanan sekunder ini terdiri dari pita magnetik, piringan optik, piringan magnetik dan flash disk / thumb drive.
Pita magnetik merupakan media penyimpanan data yang wujudnya berupa pita dalam gulungan besar ataupun kaset. Pita magnetik digunakan sebagai media penyimpanan untuk keperluan back-up data (membuat data cadangan).
Piringan optik merupakan media penyimpanan yang berwujud sebuah piringan tipis. Piringan optik umumnya digunakan untuk menyimpan data berupa lagu, film atau data-data berukuran relative besar sehingga data tidak bisa disimpan di dalam floppy disk. Contoh piringan optik adalah CD (compact disk) dan DVD (digital video disk).
Piringan magnetik yang banyak dipakai adalah harddisk.
Harddisk merupakan media penyimpanan yang umum dipakai dalam sistem komputer. Penyimpanan data pada harddisk dilakukan secara magnetik. Data yang disimpan dalam harddisk dapat diubah atau dihapus.
Harddisk memiliki 2 komponen penyusun utama:
a.Platter
Platter berupa piringan yang terbuat dari bahan aluminium dan dilapisi bahan megnetik. Umumnya, harddisk memeiliki sejumlah platter yang bekerja bersama-sama. Data yang disimpan di dalam harddisk pada dasarnya disimpan pada permukaan platter. Permukaan platter menyimpan data dalam sector dan track. Track membentuk lingkaran-lingkaran konsentris pada permukaan platter. Setiap track terdiri dari sejumlah sector.
b.Lengan pembaca
Lengan pembaca merupakan komponen yang menyangga head. Head berfungsi untuk melakukan pembacaan maupun penulisan data pada permukaan platter. Oleh karena itu, lengan pembaca dapat bergerak dari pusat sampai pinggir platter.
Flash disk merupakan penyimpanan data bertipe memori flash. Flash disk Dihubungkan ke komputer menggunakan port USB (universal serial bus). USB merupakan socket model baru yang menghubungkan komputer dengan alat lainnya yang menjanjikan kemudahan instalasi dan kecepatan tranfer data. Flash disk banyak digunakan karena dinilai praktis, berukuran kecil, dapat dibawa ke mana-mana dengna mudah dan memilik kapasitas yang cukup besar. Di masa lalu, pengguna komputer menggunakan floppy disk sebagai media penyimpanan yang hanya dapat menyimpan data sebesar 1,44 Mb (flash disk bisa menyimpan data 16 GB). Kapasitas flash disk kian bertambah besar seiring pekembangan teknologi yang dicapai.
PERANGKAT INPUT OUTPUT
Perangkat input/output (masukan/keluaran) memungkinkan komputer untuk menerima data dari luar dan menampilan/mengirimkan hasil pemrosesan di dalam komputer ke luar. Perangkat input mempunya cara kerja yang berbeda dengan perangkat output. Perangkat input mengubah data (proses encoding) yang berasal dari luar komputer menjadi data yang dapat dipahami dan diproses di dalam komputer sedangkan perangkat output mengubah data hasil pemrosesan computer menjadi data yang dapat dipahami manusia (proses decoding).
Perangkat input terdiri dari:
Keyboard.
Keyboard memiliki sejumlah tombol. Keyboard digunakan untuk memasukkan data ke komputer. Keyboard terdiri dari beberapa jenis yaitu:
1.Keyboard serial : keyboard yang menggunakan kabel serial
2.Keyboard PS/2 : keyboard yang menggunakan kabel PS/2
3.Keyboard USB : keyboard yang menggunakan kabel USB
4.Pointing devices (touch screen, mouse, light pen, stylus)
Biasanya digunakan untuk pembuatan desain grafis, memilih menu di layar, dan lain-lain secara praktis. Mouse terdiri dari beberapa jenis yaitu:
1.Mouse serial : mouse yang menggunakan kabel serial
2.Mouse PS/2 : mouse yang menggunakan kabel PS/2
3.Mouse USB : mouse yang menggunakan kabel USB
Scanner
Scanner digunakan untuk memindai gambar atau teks melalui teknik pengenalan objek yang memanfaatkan pantulan cahaya.
1.Pembaca kartu memori
2.Web camera
Joystick
Joystick biasa digunakan untuk bermain game.
Perangkat output terdiri dari:
Printer
Printer digunakan untuk mencetak dokumen. Printer terdiri dari printer dot matrix, deskjet dan laserjet.
Speaker
Speaker dalah alat output suara.
Monitor
Monitor berfungsi untuk menampilkan data dalam bentuk teks atau grafis. Printer terdiri dari jenis CRT dan LCD. LCD (cathod ray tube) merupakan monitor berbentuk tabung) sedangkan LCD (liquid crystal display) adalah monitor yang permukaanya datar dan konsumsi listriknya lebih kecil dibandingkan layar jenis CRT.
Headphone
Headphone adalah alat output suara yang diletakkan di kepala.
4.PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak dapat didefinisikan sebagai data elektronik (diformat dan disimpan secara digital) yang berupa program atau kumpulan instruksi yang akan dieksekusi oleh komputer untuk menyelesaikan masalah tertentu. Pada zaman dahulu, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan komputer. Pada masa itu, komputer diciptakan hanya untuk mewujudkan tujuan tertentu saja dan hanya memeiliki sebuah program di dalamnya. Pada saat komputer mulai berkembang pesat, banyak perusahaan membuat berbagai macam perangkat lunak.
Secara garis besar, perangkat lunak dapat dibagi menjadi 2 yaitu:
Perangkat lunak sistem
Perangkat lunak sistem terdiri dari beberapa macam. Yang termasuk perangkat lunak system adalah sistem operasi, bahasa pemrograman dan perangkat lunak utiliti.
1.Sistem operasi
Dari pandangan pemrogram dalam mengembangkan sistem oeprasi, sistem operasi didefinisikan sebagai program yang menutup detil perangkat keras yang rumit kepada pemrogram (programmer) dan menyediakan antarmuka (interface) yang mudah bagi pemrogram
untuk mengkases perangkat keras dalam mengembangkan sebuah progam. Secara umum, sistem operasi merupakan perangkat lunak yang berperan dalam bekerjanya sebuah komputer.
Saat komputer dijalankan, sistem operasilah yang pertama kali bekerja. Perangkat lunak ini mengatur seluruh proses yang terjadi di dalam komputer, menerjemahkan perintah, mengatur penggunaan memori dan perangkat keras lainnya, dan lain-lain.
Sistem operasi biasanya berkaitan dengan mesin tertentu. Komputer buatan perusahaan Apple memakai sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan yang sama. Meskipun demikian, sebuah komputer bisa diinstal berbagai pilihan sistem operasi. Komputer-komputer sekarang
pada dasarnya berkembang dari komputer yang dibuat oleh IBM.
Komputer saat ini memungkinkan kita untuk memilih sistem operasi yang digunakan. Kita bisa menginstal system operasi Windows (dibuat oleh Microsoft) atau sistem operasi turunan Linux.
Sistem operasi yang beredar saat ini ada yang berbayar dan ada yang tidak. Microsoft Windows adalah salah satu contoh sistem operasi berbayar (kita harus membayar lisensi).
Sistem operasi pun ada yang bersifat gratis, contohnya Ubuntu. Ubuntu merupakan turunan (distro) dari Linux yang juga merupakan sistem operasi yang bersifat open source. Sistem operasi open source (sumber terbuka) adalah sistem operasi yang lisensinya member kebebasan kepada penggunanya dalam menjalankan program, mempelajari dan memodifikasi program, serta mendistribusikan penggandaan program asli atau yang sudah dimodifikasi tanpa harus membayar royalti kepada pengembang sebelumnya. Windows bukanlah sistem operasi yang bersifat open source. Sistem operasi yang bersifat open source ada yang bersifat gratis dan ada yang tidak.
2.Bahasa pemrograman
Bahasa pemrograman merupakan perangkat lunak yang mengubah algoritma yang dibuat seseorang ke dalam bentuk yang dapat dipahami oleh komputer. Contoh bahasa pemrograman adalah Pascal, C++, Java, Basic, Ruby, dan lain-lain.
3.Program utiliti
Program utiliti merupakan perangkat lunak yang fungsinya membantu sistem operasi. Tugas yang dijalankan oleh program utiliti sifatnya khusus dan berkatian dengan manajemen fungsi komputer, sumber daya, berkas (file) dan lain-lain. Program utiliti meliputi program-program untuk memeriksa floppy disk yang rusak, mengatur ulang partisi harddisk, melindungi password, memeriksa apakah komputer terinfeksi virus, dan lain-lain. Contoh program utiliti adalah Norton Anti Virus (untuk memeriksa apakah komputer terinfeksi virus atau tidak, membersihkan komputer dari virus dan lain-lain), Scandsik, dan lain-lain.
Perangkat lunak aplikasi
Perangkat lunak aplikasi merupakan perangkat lunak yang dibuat untuk suatu keperluan yang spesifik. Perangkat lunak aplikasi sangat beragam jenisnya. Perangkat lunak aplikasi dapat dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Tabel di bawah ini menunjukkan jenis-jenis perangkat lunak aplikasi.
JENIS PERANGKAT LUNAK APLIKASI CONTOH
Pengolah kata Microsoft Word, Open Office Writer, Wordstar Presentasi Microsoft Power point, Impress, Basis Data MySQL, Oracle, Microsoft Access Pengolah, Grafis Adobe Photoshop, Macromedia, Fireworks, Corel Draw Pengembang Web Macromedia Dreamweaver, Microsoft Frontpage, Multimedia, Windows Media Player, Winamp,
Perangkat lunak aplikasi.
Latihan Soal
1.Apa saja yang menyusun sebuah sistem komputer?
2.Jelaskan bagian-bagian yang menyusun arsitektur Von Neumann?
3.Jelaskan komponen-komponen CPU!
4.Apa fungsi utama memori?
5.Sebutkan karakteristik memori utama?
6.Apa perbedaan memori volatil dan non volatil?
7.Mengapa DRAM lebih lambat dari SRAM?
8.Sebutkan macam-macam perangkat input-output?
9.Apa yang kamu ketahui tentang perangkat lunak atau program sumber terbuka (open source)?
10.Jelaskan macam-macam perangkat lunak!
PUSTAKA:
Fawwaz, W., & Maki, A. (2011). Komputer dan Sistem
Komputer. In Komputer 1 (pp. 4 – 5). Tangerang: STKIP Surya.
Eko Nugroho. (2005). Sejarah Perkembangan Komputer. In Materi Pokok Pengantar Aplikasi Komputer (8th ed., pp. 1.8 – 1.20). Jakarta: Universitas Terbuka.
Eko Nugroho. (2005). Sejarah Perkembangan Komputer. In Materi Pokok Pengantar Aplikasi Komputer (8th ed., pp. 1.8 – 1.20). Jakarta: Universitas Terbuka.
wah... very good
BalasHapuswes nggawe rung?
Hapus